~19 Mandi Air Hangat

Berendam di Air Panas
Tulisan ini dibuat ketika saya sedang menunggu hujan reda di salah satu kedai makanan di Bandung. Sudah lewat pertengahan bulan Desember, hujan semakin deras. Dan semakin intens. Teman hujan, si petir turut memeriahkan musim hujan di penghujung tahun ini. *sebuah prolog

Saking dinginnya udara Bandung. Inginnya, ketika pulang nanti saya dapat mandi dengan air hangat. Wuuh..
Nah, tentang mandi air hangat. Dulu saya sering sekali mandi air hangat, apalagi ketika musim hujan. Sudah lama sekali memang, ya sekitar tiga belas tahun yang lalu. ehehe. Ternyata, manfaatnya cukup menarik ketika kita mandi air hangat.

Shower air hangat. Wuuus
Pertama, melancarkan peredaran darah sehingga kita tidak mudah terkena migrain. Kalau sudah kehujanan, lalu mandi dengan air dingin seringnya langsung sakit kepala atau migrain. Nah, dengan mandi air hangat, penyakit sekitaran kepala dapat diminimalisir. Begitu juga dengan pegal-pegal.

Kedua, mengurangi stress. Air hangat cukup signifikan mereduksi tekanan yang dialami oleh individu. Dengan mandi air hangat, lalu mengeringkan badan dan menikmati segelas teh hijau panas, subhanaloh.. bagaimana tidak luruh stress dan polutan-polutan pikiran.

Ketiga, menghilangkan pleghm. Ketika mandi dengan air hangat, secara tidak sengaja kita akan menghirup udara panas dari air hangat tersebut, dan ini akan menghilangkan pleghm. Pleghm adalah penyebab iritasi pada tenggorokan. Dengan hilangnya pleghm, berarti mengurangi resiko batuk, radang tenggorokan, dan penyakit tenggorokan lain.

Keempat, membuat tidur menjadi pulas. Enaknya, selepas beraktifitas di sore hari lalu mandi air hangat dan beristirahat. Tidur pulas dapat dipastikan jadi milik kita, dan esoknya stamina kembali fit.

Ada yang ingin menambahkan?
Selamat sore,
Salam hangat dari saya :)

Sumber:
World Health Organization, Water for Life : Make It Happen
M. Monirul Qader Mirza, The Ganges Water Diversion: Environmental Effects and Implications (Water Science and Technology Library)
Erin Brockovich, CJ Lyons, Hot Water.

You Might Also Like

17 comments

  1. itu kok ganteng banget monyetnya, Pita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, efek berendam nih!
      kalau mau ganteng.. berendam dulu :D

      Hapus
    2. jadi kalau Pita berendam bisa ganteng juga?

      Hapus
  2. jadi pengen nih relaksasi pake air hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung dicoba di rumah atau pemandian air panas, kak! :D

      Hapus
  3. cocok tuh buat sekarang yang lagi musim hujan :)

    BalasHapus
  4. ngeri juga ya berendam air hangat, bisa berubah gitu bentuknya mba' hihi :)

    ehh tapi bener sih, bikin badan terasa nyaman, palagi habis hujan2an kayak skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,, mas mas >_<
      itu biar ngga ada yang vulgar di sini.. makanya modelnya si onyet .. heheu

      Hapus
  5. kalau mandi air hangat pas jalan2 hihi.. emang asik rasanya

    BalasHapus
  6. yuk, berendem di ciater pit... hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tawaran serius ya, niz! #akutagihnanti
      haha

      Hapus
  7. bener banget, sepulang kerja, badan peat semua, disiram air hangat baru merebahkan badan, duh nyaman sekali memang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesudah itu... tertidurlah yang nyenyaaaak :D

      Hapus
  8. kalau setiap hari berendam dng air hangat apa nggak ada efeknya?

    BalasHapus