Misteri di Pulau Plum

Sejak awal perang dingin, telah beredar rumor dan spekulasi mengenai pulau berbentuk aneh, sekitar 3,2 kilometer di ujung timur Long Island, Amerika Serikat. Sejak tahun1954, pulau yang luasnya sekitar 387 hektar itu menjadi laboratorium untuk penelitian penyakit hewan menular dan berbahaya, seperti penyakit mulut dan kuku, juga anthrax.

Seperti apakah Pulau Plum itu ?
Ini dia




Menurut sejumlah peneliti yang mengetahui kondisi pulau tersebut, uji coba senjata biologis juga terjadi di pulau tersebut pada tahun 1950-an. Pulau itu dilengkapi patroli keamanan, kamera-kamera, serta pintu-pintu pemeriksaan serta pagar yang membatasi akses menuju para ilmuwan dan staff yang bekerja di area itu. Dalam beberapa kesempatan langka, pengunjung diizinkan menengok pulau itu tetapi secara terbatas.

Pulau Plum sebelumnya merupakan pos artileri sewaktu berlangsungnya perang Spanyol-Amerika. Sesudah Perang Dunia II, pulau Plum dioperasikan oleh KORPS tentara AS. Kehadiran mereka menimbulkan aneka spekulasi mengenai kegiatan mereka di pulau tersebut.

Kini, misteri itu mulai terkuak dengan dibangunnya fasilitas baru di Kansas, dengan area yang lebih luas. Fasilitas yang dibangun dengan biaya 32 juta dollar As itu akan dijadika fasilitas pertahanan nasional biologi dan agro. Alhasil, laboratorium di Pulau Plum akan ditutup.

Kini, orang bertanya-tanya mengenai masa depan pulau Plum. Apartemen, lapangan golf, taman bermain, atau taman nasional mungkin menjadi opsi di masa depan. Meskipun demikian, pembersihan pulau diperkirakan akan memperlambat rencana pembangunan di pulau tersebut.

Sumber : KOMPAS

You Might Also Like

0 comments