Komputer sebagai Saran Kerja Bimbingan dan Konseling

A.   Pengertian Komputer
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Sebuah sistem komputer terdiri dari 3 elemen, yaitu:
1.    Hardware (perangkat keras), merupakan rangkaian elektonika sebagai komponen komputer, misalnya motherboard, processor, dan VGA card.
2.    Software (perangkat lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer, misalnya Ms. Office, Mozilla Firefox dan berbagai jenis software.
3.    Brainware (Sumber Daya Manusia)

B.   Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup

C.   Hubungan Komputer dengan Bimbingan dan Konseling
Sejak tahun 1980-an peranan komputer telah banyak dikembangkan dalam Bimbingan dan Konseling. Menurut Gausel (Prayitno, 2003) bidang yang telah banyak memanfaatkan jasa komputer ialah bimbingan dan konseling pendidikan. Moh. Surya (2006) mengemukakan bahwa sejalan dengan perkembangan teknologi komputer interaksi antara konselor dengan individu yang dilayaninya (konseli) tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi dapat juga dilakukan melalui hubungan secara virtual (maya) melalui internet, dalam bentuk "cyber counseling".

Dalam memberikan layanan bimbingan konseling, komputer akan menjadi sebuah sarana yang sangat efektif dalam membantu konselor. Tentu akan sangat menarik apabila materi layanan disampaikan dengan bantuan program-program komputer misalnya dengan menggunakan Microsof Office Power Point.

Selain dapat digunakan untuk dapat memberikan layanan secara langsung terhadap siswa, komputer juga sangat diperlukan dalam menciptakan dukungan sistem yang baik untuk memperlancar layanan Bimbingan dan Konseling. Misalnya saja dalam kegiatan manajemen yang meliputi peningkatan mutu bimbingan dan konseling melalui pengembangan program, pengembangan staff, pengembangan sumber daya dan pengembangan penataan kebijaksanaan.

D.   Penerapan Komputer Sebagai Sarana Kerja Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar
Komputer sebagai sarana kerja Bimbingan Konseling pada jenjang Sekolah Dasar, dapat diterapkan sebagai :
1.    Pusat arsip data siswa
2.    Informasi kasus atau presensi bimbingan
3.    Alat penyelenggaraan konseling kelompok melalui proyektor

E.    Penerapan Komputer Sebagai Sarana Kerja Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah
  •  Pemanfaatan internet
  • Pemakaian surat elektronik (email dan messaging dengan memperhatikan etika)
  • Publikasi pengumuman baik dalam blog maupun arsip pada computer
  • Materi ajar menggunakan media proyektor
  • Program publikasi dan informasi
  • Penyelenggaraan kompetisi ilmiah, seni, ketangkasan secara on line yang bernilai positif bagi peserta didik
  • Pembuatan database peserta didik  
. . 

F.    Penerapan Komputer Sebagai Sarana Kerja Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi
1.    Bimbingan Konseling melalui Surat Elektronik atau e-mail
2.    Pemberian informasi melalui websites / homepages
3.    Bimbingan dan Konseling kelompok melalui chat room
4.    Konsultasi melalui komputer konferensi video, atau groups
5.    Periklanan mengenai layanan Bimbingan Konseling melalui e-mail maupun web
6.    Pelatihan keterampilan melalui software dan simulasi terkomputerisasi
7.    Pengambilan sumber daya informasi
8.    Penyimpanan catatan kasus
9.    Informasi konseli
10.  Tata kearsipan

 Resume : download DISINI

 


Daftar Pustaka
Yusuf, Syamsu dan Juntika. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Rosda.
_____.(2008). Pengertian Komponen-Komponen Komputer. [Internet}. Tersedia : http://otakkacau.co.cc/2008/09/24/pengertian-komponen-komponen-komputer/
______. [Internet]. Tersedia : http://www.total.or.id/info.php?kk=komputer
__________. (2009) Komputer Sebagai Sarana Kerja Bimbingan dan Konseling. [Internet]. Tersedia : http://theboxoflifetheboxofeducation.blogspot.com/2009/11/komputer-sebagai-sarana-kerja-bimbingan.html
_____. Pengertian Bimbingan Konseling. [Internet]. Tersedia : http://belajarpsikologi.com/pengertian-bimbingan-dan-konseling/

You Might Also Like

2 comments