Logoterapi : Makna Hidup

Makna hidup bisa berbeda antara manusia satu dengan manusia yang lain dan berbeda setiap hari, bahkan setiap jam. Karena itu yang penting bukan makna hidup secara umum melainkan makna khusus dari hidup seseorang pada suatu saat tertentu.

Orang tidak boleh mencari makna hidup yang abstrak. Setiap manusia memiliki pekerjaan dan misi untuk menyelesaikan sebuah tugas khusus. Dalam kaitann dengan tugas tersebut dia tidak bisa digantikan dan hidupnya tidak bisa diulang. Karena itu, setiap manusia memiliki tugas yang unik dan kesempatan unik untuk menyelesaikan tugasnya.

Karena situasi hidup memunculkan tantangan sekaligus membawa permasalahan yang harus diatasi setiap manusia, maka pertanyaan mengenai makna hidup bisa saja dibalik. Artinya, manusia seharusnya tidak bertanya tentang makna hidupnya, melainkan sadar bahwa dialah yang akan ditanyai.

Dengan kata lain, manusialah yang akan ditanyai oleh hidup ; dan jawaban yang bisa diberikan hanyalah tanggungjawab terhdap hidupnya ; kepada hidup dia bisa menjawab dengan tanggungjawab. Karena itu, logoterapi menganggap tanggungjawab sebagai esensi dasar kehidupan manusia.

_________________________________
Jadi, memang seharusnya _______  terlepas dari apakah saya atau kalian fanatik logoterapi atau bukan. Bertanggungjawab memang hal yang dapat dikatakan sebagai esensi. Kita diciptakan oleh Allah, dan sepatutnya kita bersyukur atas karunia ini, dalah satunya adalah dengan cara bertanggungjawab kepada diri kita.

Sebisa mungkin kita hidup harus berkeTuhanan. Bertanggungjawab atas apa yang kita lakukan. Bukankah kita diciptakan untuk beribadah kepada Allah? Lalu apakah kita sudah seperti itu?

You Might Also Like

0 comments