Buku Catatanku : Kepribadian Konselor

Bismillah..

Belajar lagi :)
Gaya belajarku ini benar-benar menguntungkan! di satu sisi saya jadi bisa menghafal materi-materi yang akan di UAS-kan besok. Stop! Apa ??? besok?? ckckckck, Fitri, kamu SKS lagi T___T ... Disisi lainnya, saya juga jadi bisa posting biar Kotak Ceritaku ini menjadi sebuah sejarah dimasa yang akan datang. Aaamiin :)

Well, ini adalah materi yang disampaikan oleh Dosen PA saya, Ibu Euis yang selalu tersenyum, selalu ramah dan selalu altruis. Hmm.. butuh model seseorang yang berkepribadian konselor? Beliaulah salah satunya.

Ada EMPAT kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang konselor. Pertama, adalah FLEXIBILITY Seorang konselor yang memiliki flexibility harus open minded (berfikiran terbuka), konselor juga harus objektif dalam setiap kegiatan konseling,selain itu seorang konselor juga harus mempunyai skill untuk berkomunikasi serta self knowledge yang baik.

Kedua, WARM. Dalam menumbuhkan sikap hangat terhadap konseli, mempunyai ketulusan, dan tidak dominan pada saat proses pemberian bantuan berlangsung dan yang terpenting konselor harus positive dalam menanggapi hal-hal yang disampaikan konseli :).

Ketiga adalah, DORONGAN UNTUK MEMBANTU. Ini jelas sekali harus dimiliki karena tugas konselor adalah membantu, membimbing dan menavigasi seorang konseli sehingga dia dapat mengambil keputusan dengan tepat mengenai hal yang mereka konselingkan.

Terakhir, adalah TRUST. Seorang konselor harus proaktif, yaitu bertindak setelah hal tersebut difikirkan, bukan menjadi seorang yang reaktif (refleks)

Sumber :
Buku catatan
Gambar ; Om google

You Might Also Like

2 comments