Bahasa Tubuh : Bisikan (Keras) dari Tubuh


Bismillah ...

Believe or not, percanten atawa henteu, tubuh kita bisa “berteriak” juga kalau sedang ada masalah. (seperti konseli yang menangis membabi buta, berdarah-darah saat punya masalah kepada konselor). Saat tubuh kita sedang tidak sehat, maka gejala-gejalanya akan muncul juga lewat fisik.  Dengan posting ini ana harap, kita tidak salah membaca tanda-tanda dari mereka. Hehehe..
Ini dia tanda-tandanya :
-          Kulit Kepala
Kulit kepala yang mengelupas, seperti ular yang berganti kulit, itu artinya kita lagi ngalamin stress tingkat tinggi (Nah lho, stress :D). Saat stress, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang sangat banyak dan kortisol ini akan membuat kulit kepala amat kering sehingga akhirnya mengelupas. Ckckck..

-          Dagu

Untuk ukhti fillah ... Saat mau menstruasi, biasanya akan muncul jerawat di sekitar dagu, kan? Nah, jerawat ini akan hilang sendiri begitu masa menstruasi selesai. Tapi, jika si jerawat tetap bandel bertengger di dagu atau rahang secara terus-menerus, berarti ada masalah dengan kondisi hormon atau rahim kita. Itu tanda dari tubuh kita, betapa baiknya mereka memberikan tanda. Maka sebaiknya kita segera memeriksakannya.

-          Mata
Ternyata, lingkaran hitam di bawah mata ngga hanya muncul kalau kita kurang istrirahat, tetapi juga sebagai tanda awal bahwa kita terjangkit alergi. Ketika hal penyebab alergi menyerang tubuh, maka tubuh akan meresponnya dengan cara mengeluarkan zat kimia bernama histamin. Zat inilah yang akan membuat saluran darah membengkak dan hasilnya muncul tanda-tanda hitam di daera kulit yang paling tipis, yaitu mata.

-          Ketiak
Ketiak yang menghitam buka hanya akibat dari salah pakai deodoran, lho. Menurut Dr.Michael Smith,M.D. ketiak yang kasar dan gelap bisa menjadi awal tanda bahwa kita mengidap diabetes. Kelebihan insulin pada aliran darah akan menyebabkan sel kulit berkembang secara abnormal dan membuat timbunan jaringan. Nah, timbunan inilah yang biasanya muncul dilipatan tubuh sperti ketiak, leher atau selangkangan.

-          Kuku
Kalau di kuku kita terdapat garis hitam atau kecoklatan, padahal kuku itu besih dari kotoran, maka hati-hati. Mungkin saja itu adalah tanda kerusakan sel yang terjadi akibat melanorma, yaitu salah satu kanker kulit yang paling mematikan!

-          Mulut
Menurut Dr. Drg. Tri Erri Astoeti,Mkes, ahli kesehatan gigi dan mulut dari FKG Universitas Trisakti, kalau ada sariawan muncul terus-menerus di tempat yang sama maka bisa saja itu tanda dari suatu penyakit. Temasuk juga penyakit kanker rongga mulut.

You Might Also Like

4 comments

  1. waaaaaah saya mengalami yang kulit kepala mengelupas itu beberapa bulan kemariiin....

    anda tau? rambut saya rotok total, sekitar 50% berkurang.....

    ini nyata terjadi,
    *kali ini saya tidak hiperbol :p

    BalasHapus
  2. Wah hati-hati itu :D
    ...
    ckckck Icaaan, kamu harus menjaga rambutmu. kan ngga banget kalo gundul :P
    pake obat herbal saja, kalo di rumah, tidak usah pakai kerudung saja, takutnya malah makin rontok. tapi sebenarnya,, kerudung bukan faktor utama. Faktor utama adalah kondisi perasaan, aktifitas dan sugesti

    BalasHapus
  3. saya mengalami sariawan yg sering d tmpat yg sama ? Cara mengatasi nya gmn ya..

    BalasHapus
  4. *menelisik*
    siapa ya ini??
    saya menjadi inget seseorang yang sering sariawan d tempat yang sama.
    yang saya ketahui itu karena ketidak seimbangan hormon.

    BalasHapus