Buku Catatanku : Profesi BK

 Kita adalah apa yang kita kerjakan berulang kali. Dengan demikian, kecemerlangan bukan tindakan tapi kebiasaan (Aristoteles)
Saatnya menghafal dan belajar lagi :) hmm Semangat!!! apalagi yang kemaren dapat stimulus dari motivator eksternalnya (siapakah??) Oke, besok tepat jam 8 pagi di ruang 1.18, saya dan berpuluh-puluh teman saya akan mengiktui UAS Profesi BK. Menghafalnya ya pelajaran yang sudah disampaikan, tidak akan jauh dari itu, dan juga buku Biru tercinta(h)

21 Oktober lalu, Pak Ahman, dekan FIP, alhamdulillah dengan wajah sumringah menyampaikan materi di kelas B dan materi itu adalah mengenai Profesi, profesional dan profesionalitas.

Menurut beliau, juga ada tambahan dari beberapa mahasiswa aktif nan cerdas di kelas saya, profesi adalah pekerjaan unik, spesifik dan esensial / urgen / penting serta menuntut sebuah pengabdian.

Profesional merujuk pada orang atau pekerjaan yang menuntut persyaratan tertentu serta dinaungi oleh organisasi  dan pendidikan. Profesional juga dikatakan sebagai orang yang menjadikan pekerjaannya sebagai sumber pokok pernghasilannya. 

Sedangkan profesionalitas adalah tingkat kualitas pelayanan atau pekerjaan. Profesionalitas dibuktikan dengan adanya jenjang atau standar.

Oia, menurut beliau juga. Semuanya itu ada di Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1936 dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tentang Pengelolaan.

Bagaimana dengan profesi konseling ??? seorang konselor harus mempunyai :
  1. Dedikasi
  2. Keahlian
  3. Sikap Mental
  4. Sambutan Masyarakat
  5. Pemahaman Terhadap konseli, dengan beberapa aspek : ecological, developmental, system theory versus partial

You Might Also Like

2 comments

  1. wiw,,,tempat curhat,,,hebat aku juga punya ntar masuk ke blog aku juga yah,,,,hehehe

    BalasHapus
  2. Hiihii berbagi aja, sekalian diselipin syiar :)
    Iya, saya juga walking2 ko liatin blog orang.
    blogmu bagus :)

    BalasHapus