Cerita Ramadhan #17: Abah, Ambu! Aku B

Assalamu’alaykum Abah, Ambu ^^
Alhamdulillah kali ini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya mengenai bagaimana mengenal kepribadian anak. Sekarang saya akan menceritakan kembali buku touch my heart bagian anak dengan golongan darah B.

AbahAmbu . Anak B ingin senantiasa melakukan sesuatu sesuai apa yang disukainya, maka mereka tidak suka dibatasi. Anak B berpikir dengan cara yang fleksibel, mereka kaya akan ide dan pemikiran yang praktikal. Anak B sangat berpotensi untuk menjadi anak cerdas.


Anak B memiliki keterbukaan yang dominan lho, Ambu! ^_^ mereka mudah membuka hati untuk orang lain. Anak B mudah mencari teman baru, jadi jangan terlalu mengkhawatirkan mereka ketika mereka berhadapan dengan dunia baru. Karena sikap tersebut, anak B memiliki kesenangan yang besar dan berkepanjangan. Dengan demikian, anak B optimis terhadap masa depan.

Seperti yang tadi disebutkan, anak B memiliki ide yang banyak. Ide-ide ini berani. Bebas dan unik. Ide ini yang membuat anak B sangat antusias dengan apa yang dia lakukan. Namun sisi lainnya, kaya akan ide ini membuat anak B menjadi tidak stabil karena ingin mewujudkan idenya yang banyak secara bersamaan.

Nah, bagaimana cara mendidik anak B?

Karena anak B tidak suka dibatasi, maka ajari mereka agar dapat menjaga hukum sosial sejak dini. Ajarkan hal-hal penting dengan sabar sampai dia merasa bahwa hukum-hukum dan norma bukanlah hal yang membatasi dia.


Cara menegur anak B dilakukan secara berkesinambungan. Anak B perlu diingatkan berkali-kali. Akan sangat menghabiskan waktu, bukan? tapi tidak apa-apa. Ini demi mereka agar mereka tumbuh optimal. Nah, Abah, Ambu jangan khawatir dengan intonasi suara tinggi atau keras, karena intonasi suara yang keras tidak terlalu berdampak buruk bagi anak B. Namun, bukan berarti boleh ya ^^


Sumber:
Touch My Heart: Mengenal Kepribadian Anak menurut Golongan Darah.
Karya Toshitaka Nomi, penerjemah : Holy Setyowati

You Might Also Like

19 comments

  1. anak pertama saya gol darahnya B, ya kira2 gitu lah sifatnya :)

    BalasHapus
  2. sayangnya saya sendiri ga tau apa golongan darah saya :(

    BalasHapus
  3. @zeniismatullah

    saya juga sudah lupa, golongan darah saya :(

    BalasHapus
  4. @gopar
    Semoga dapat menebar manfaat lebih banyak ya ^^

    BalasHapus
  5. @ke2nai
    karena ini menurut penelitian, jadi yang golongan darahnya B umumnya pasti memiliki karakteristik yang sama, bunda.
    Kagum sama bunda singgah terus kesini.. nanti saya setelah pindahan kost, saya bw yaa ke blog bunda ^^

    BalasHapus
  6. @zeniismatullah
    Padahal tinggal di cek aja, zen.. Ngga sakit kok :P
    mau teteh anter ke poliklinik nya?
    makasih ya udah datengin blog teteh

    BalasHapus
  7. @zeniismatullah
    Padahal tinggal di cek aja, zen.. Ngga sakit kok :P
    mau teteh anter ke poliklinik nya?
    makasih ya udah datengin blog teteh

    BalasHapus
  8. Dirikuu banget nih (golongan darahku B). Anak sulungku juga ... :)

    BalasHapus
  9. Aku anak B, Ambu.... Hehe,,, ^_^

    BalasHapus
  10. @Qhaisar Rain
    Hihihi teh Dika ^__^
    isasibury *it been long time*
    apa kabar?? kangen..

    BalasHapus
  11. Golongan darahku B...!!! :) *angkat tangan

    BalasHapus
  12. @Erlangga Kusumawijaya
    wah iya?? ternyata pria teratur, si adikku ini B juga ya :)

    BalasHapus
  13. @Muhamad Ramdan
    Waah, antum juga B ternyata ya.. semoga sukses!

    BalasHapus