Cerita Ramadhan #16 : Abah, Ambu! Aku A

Assalamu'alaykum Ambu*!! Abah **!! ^^ 
Pernah membaca buku touch my heart? Buku ini ditulis oleh seseorang berkebangsaan Jepang bernama Toshitaka Nomi. Touch my heart ini ditujukan bagi semua orang yang ingin mengenal anak berdasarkan golongan darah. Sebenarnya ada banyak cara, tapi tidak ada salahnya kan kalau kita mencoba yang satu ini.

Kali ini saya akan menceritakan kembali isi bukunya, dengan bahasa saya sendiri tentunya. Mengenai cara mengenai kepribadian anak dengan golongan  Anak A .

Ambu, Abah, jika di rumah ada anak bergolongan darah A. Maka yang tampak di dalam kesehariannya, anak A ini senang membantu oranglain. Anak A juga berkelakukan baik dan bisa bekerja sama saat melakukan aktifitas bersama oranglain Selain itu, anak A sangat menjaga apa yang sudah ditetapkan, diajarkan dan diinstruksikan. Jika diberikan tugas untuk mengamati, maka anak A dapat memberikan laporan atas apa yang telah terjadi secara detail. Sifat anak A ini sensitif terhadap perkataan orang-orang di sekelilingnya.

Nah, keseharian yang diperlihatkan anak A tidak terlepas dari karakteristik yang dia miliki. Anak A memiliki karakteristik yang sensitif terhadap perubahan di sekitar, juga terhadap oranglain. Jadi ketika Ambu-nya tiba-tiba berganti model rambut, dialah yang pertama menyadari.

Lalu kemudian jangan merasa bahwa dia selalu memuji karena semuanya terlihat baik. Anak A pandai dalam mengontrol emosi dan keinginan lho, mbu ^^. Sehingga dapat mempertimbangkan baik-baik mana yang akan menjadi bahan terjadi kekacauan atau mana yang akan membuat semua nyaman. Jadi, bisa saja dia selalu memuji Ambu atau Abah agar tidak mendapat omelan. #eh.

Karakteristik anak A yang lain diantaranya : menghargai aturan dan metode, dengan aksinya ingin membuat perbedaan dengan oranglain, melangkah setahap demi setahap dengan penuh kehati-hatian dan perfeksionis dan peduli akan masa depan.

Jadi, bagaimana nih cara melatih anak A supaya sesuai dengan perkembangannya?

Jagalah jangan sampai anak A kehilangan kepercayaan diri. Bagaimanapun caranya, bangunlah rasa percaya diri itu sedikit demi sedikit.

Berikan pengarahan walaupun untuk itu memerlukan waktu, agar ia tidak terombang-ambing. Ingat, anak A menghargai aturan dan metode. Dia akan patuh dengan apa yang diajarkan.

Cara menegur dan mengingatkan (baca:memarahi) anak A-pun ada tekniknya lho. Nah, Ambu, Abah. Pertama, puji sisi baiknya. Setelah paham akan persoalannya, beritahukan kekurangannya secara baik-baik.
Bagian yang perlu diperhatikan ya Ambu, Abah. Bersikaplah sabar kepadanya. Ketahuilah bahwa Anak A ini memiliki dedikasi dan keinginan yang kuat untuk membantu.

Semoga bermanfaat

Keterangan:
Ambu: Bunda
Abah: Ayah

Sumber:
Touch My Heart: Mengenal Kepribadian Anak menurut Golongan Darah.
Karya Toshitaka Nomi, penerjemah : Holy Setyowati

You Might Also Like

10 comments

  1. kalo yang AB gimana mba Pita?

    BalasHapus
  2. iya,
    heran juga, orang jepang kok percaya banget hubungan karakter dan golongan darah ya..

    BalasHapus
  3. @Rima Aulia
    tunggu postingan saya selanjutnya:p
    #provokator

    BalasHapus
  4. @Yudi Darmawan
    mereka percaya atas dasar penelitian mas. Kalau saya boleh berpendapat, golongan darah termasuk faktor hereditas. Jadi sedikit banyak dapat mempengaruhi karakter.

    BalasHapus
  5. baru tau ada yang seperti ini lhooo :)

    BalasHapus
  6. Hampir semua sifat anak A yang mbak tuliskan di atas emang benar karena kebetulan golongan darah saya adalah A, terutama tulisan yang : "anak A sangat menjaga apa yang sudah ditetapkan, diajarkan dan diinstruksikan. Jika diberikan tugas untuk mengamati, maka anak A dapat memberikan laporan atas apa yang telah terjadi secara detail. Sifat anak A ini sensitif terhadap perkataan orang-orang di sekelilingnya "

    Saya memiliki sifat-sifat seperti di atas.

    salam kenal mbak ^^

    BalasHapus
  7. sy udah lama py buku ini, jadi inget kemana ya buku sy skrg... ehehe.. :D

    BalasHapus
  8. @nina rizka amalia
    berarti memang penelitiannya tidak sia-sia ^^

    salam kenal juga mbak nina :)

    BalasHapus
  9. @ke2nai
    Kalau bunda pasti udah baca deh..
    Wah bunda, kemana ya bukunya ^^ sayang sekali kalau hilang

    BalasHapus