Manajemen Stress ( Tina Hayati Dahlan) Part I

Bismillahirahmanirrahim
^^
Senangnya bisa posting lagi :)
Alhamdulillah
setelah sekian lama menghilang dari peredaran. Alhamdulillah sembuh juga cacarnya, tinggal batuk yang belum sembuh juga. Semoga sakit ini menjadi kifarat dosa amiin :)

Sekarang saya mau verita tentang pengalaman saya saat ikut Sekolah Kepemimpinan di PPB UPI 2010. dan asiknya ada materi yang bagus sekali :) (bukan berarti materi yang lainya ngga bagus ya). Judul materi itu Manajemen Stress. 
Nah, fahami ya :) semoga bermanfaat

Apa itu stress ?
Stress adalah respon atau reaksi tubuh atau jiwa terhadap ancaman, peristiwa, atau perubahan yang nyata atau yang diimajinasikan. Stress juga bisa didefinisikan sebagai respon terhadap faktor internal atau eksternal yang melebihi kapasitas fisik.
Stress dapat dialami oleh siapa saja, termasuk bayi, anak kecil, remaja, orang dewasa, ibu hamil dan ibu rumah tangga. (Mahasiswi tidak disebutkan ya :p ! berarti saya tidak akan stress :D)
Nah, sahabat. Respon stress itu seperti apa sih ? ternyata respon stress terbagi tiga, yaitu :

  1. Dapat direspon secara emosional, yang mungkin kebanyakan orang jika mengalami stress akan berdampak pada keadaan emosional nya. Yang tadinya pendiam, dan emosinya stabil, dapat tiba-tiba meracau dan galak karena ada stress ( ckckck, saya bukan ya ? :S bukaaan deeh)
  2. Dapat direspon secara fisiologis. Nah yang ini sedikit sulit untuk dijelaskan. Namun intisarinya bahwa jika seseorang mengalami stress maka bentuk tubuh dalam artian lekukan atau keindahannya sedikit terjadi 'penyimpangan'. Contoh kecilnya adalah bentuk bibir, jika seseorang mengalami stress maka bibirnya akan manyun terus atau tertawa terus yang akhirnya akan berdampak pada bentuk bibir itu sendiri jika selalu stak pada bentuk yang sama dalam waktu yang lama.
  3. Dapat direspon secara Behavioral, yang ini pasti sudah dapat difahami. Seseorang yang mengalami stress akan mengalami perubahan perilaku.
Jadi, sekarang lihat diri kita, apakah ada sesuatu yang aneh dengan diri kita ?? hehe kalau ada maka harus hati-hati ya :D
Bisa saja kita sedang mengalami stress

To be Continue

You Might Also Like

0 comments