Manajemen Stress (Part II)

Assalamualaikum ^^
Kita bergaul bareng si Stress lagi yuk :)
Part sebelumnya kita sudah membahas mengenai stress dan respon yang akan dilakukan apabila seseorang mengalami stress.
Sekarang waktunya untuk mengetahui penyebab stress atau sering disebut STRESSOR.
Stressor atau penyebab stress dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :
  1. Fisik atau Biologis. Misalnya jika hidung saya yang mancung seperti orang Pakistan :p lalu secara kecelakaan hidung saya menjadi sangat pesek :D dan saya sangat kehilangan kepercayaan diri dan mengurung diri didalam kamar saja. nah yang demikian bisa dikatakan sebagai stressor berupa fisik atau biologis.
  2. Psikologis. Stressor dari segi psikologis kadang adalah stressor yang sangat dominan dan merupakan faktor yang paling banyak menyebabkan stress. Stressor psikologis dapat berupa pelecehan mental, makian, rendah diri dan faktor lingkungan yang menyebabkan perubahan psikologis seseorang.
  3. Sosial. Keadaan sosial, seperti terkucilkan, tidak dianggap oleh masyarakat. Hal tersebut dapat menjadi faktor seseorang untuk mengalami stress.

Jenis-jenis stress
Tidak selamanya stress itu berdampak negatif bagi diri kita. Semua itu tergantung bagaimana kita menanggapi gejalan-gejala lingkungan yang memang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan ..
Eustress adalah cara menanggapi stress dengan positif. Penanggapan stress secara positif akhirnya akan menjadikan stress sebagai motivator untuk menjadi seseorang yang lebih baik.
Distress adalah kebalikan dari eustress, yaitu menanggapi stress secara negatif.

to be continue :p 


You Might Also Like

0 comments