rigel#2

Serial Rigel
Foto: Koleksi Pribadi
Sebelumnya rigel#1
rak-rak buku menjulang hingga langit-langit ruangan ini.. ketika aku berada diantara dua rak,, aku merasa bahwa aku akan segera terhimpit oleh lebih dari lima ratus buku berisi penuh pengetahuan.. berat!!


rasanya ingin keluar sekarang juga dari tempat ini.. perpustakaan yang menyeramkan!.. setidaknya,, di rumah,, aku mempunyai empat lemari kecil berwarna putih sebagai tempat menyimpan buku-buku dan naskah-naskah film.. bukan lemari-lemari seperti ini..

tapi tunggu dulu!! Aku sedang berada di rumahku.. aku berada di dalam lemari kecil..

sayangnya,, aku tak tahu dimana pintu keluar itu berada.. yang bisa aku lakukan hanya duduk pada kursi dingin,, lalu berdiri mencoba membunuh bosan dengan menyentuh beberapa buku di rak,, dan duduk kembali.. tiba-tiba aku teringat Profesor Halliaw!!

“Dia pasti punya karya besar di sini..” ujarku..

Semalam,, aku berdiskusi banyak.. kelinci itu menyebut kata emit berulang kali.. mungkin itu adalah suatu kode.. aku akhirnya mencari kata itu pada setiap punggung buku.. mungkin saja itu sebuah judul,, atau kata kunci.. aku hanya bisa membuat kemungkinan-kemungkinan..

ereh si emit..

Mataku melotot melihat tulisan itu.. tulisan yang menjadi sebuah judul buku berwarna hijau lumut.. aku ingin menariknya dari himpitan dua buku berwarna emas.. namun sebelumnya,, aku membersihkan tanganku terlebih dahulu.. aku mengelapkan tanganku pada lengan kemeja..

ereh si emit.. ti nepo ot tnaw uoy fi, siht dloh.

Setelah membaca sekilas.. aku menyentuh buku itu..

***
amorette mengambil ekstrak daun cemara bercabang tujuh di dalam sebuah lemari.. dia mengatakan bahwa ekstrak ini sudah berusia 96 tahun..  ekstrak ini yang membuatmu lebih kebal terhadap virus waktu..

“seharusnya,, kau tidak menyentuh buku hijau lumut itu..”

buku hijau lumut karya profesor halliaw adalah sebuah pintu waktu.. tulisan ereh si emit.. iti nepo ot tnaw uoy fi, siht dloh artinya kau bisa membuka pintu waktu dengan menggenggamnya.

Ereh si emit... waktu ada di sini.. Ereh si emit

seketika setelah aku menyentuh buku itu,, seketika aku berada di dalam laboratorium profesor halliaw.. bersama amorette yang sedang mengambil ekstrak daun cemara bercabang tujuh.. jadi sekarang aku sedang berada di masa lalu!!

amorette mengatakan bahwa aku bisa menjadi penjelajah waktu jika aku menyisipkan ekstrak daun cemara ini di pahaku.. jadi,, setelah kejadian aneh yang membuatku masuk ke dalam lemari,, aku menjadi seperti robot.. aku mempunyai laci kecil di paha sebelah kiriku..

aku kemudian menyisipkan satu botol kecil ekstrak daun cemara itu ke dalam paha.. seketika,, mataku seperti kamera canggih!! mampu menyimpan memori,, mengedit semua pemandangan,, menjadikan zoom in zoom out setiap yang aku lihat..

tanganku punya layar kecil di telapak kiri,, ada peta bumi tua dan bintik-bintik merah di beberapa daerah di peta tersebut.

rigel,, kau bisa menjelajah sekarang.. tapi hati-hati dengan manusia-manusia kloning yang terlihat seperti bintik ditanganmu itu.. mereka ada dimana-mana.. yang paling jahat,, namanya tanse..


rigel,, aku mohon.. carilah daun gnitsalreve.. daun itu akan membukakan pintu pengetahuan dari karya halliaw yang lain..

to be continued

You Might Also Like

14 comments

  1. rigel kau bisa berguru ke doraemon tentang pintu ajaib tuk menjelajah waktu, siapa tau kau rigel bertemu dengan rani yang lagi ngumpulin botol kenangan di pinggir pantai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kebiasaan mas Topik ini ya menyambung-nyambungkan :P
      bisa jadi rigel itu ternyata saudaranya rani yang telah lama hilang...

      Hapus
  2. Di perpustakaan itu kira-kira ada buku Rembulan Cinta Seorang Bunda nggak ya? ^_^

    #Gagal paham nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah.. bunda promo! bunda promo!
      harusnya disensor :p

      Hapus
  3. ikuut doong.... :O
    waktu membayangkan perpustakaannya, aku jadi ingat novel Perpustakaan Ajaib Bibbi Boken

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke sini kak. di tunggu di Bandung. hari minggu, tanggal 6 oktober ini :P

      Hapus
  4. aaaaaak langsung ceritain sampe tamat aja siiiih mbak biar ngga penasaran trus nebak-nebak *ditabok

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha :p
      sabar kak.. nanti ada kisah yang lebih menarik!

      Hapus
  5. agak bingung pertama lihat saya fikir bahasa sandi kriptografi yang belum dienkrip,
    ternyata bahasa inggris yang dibalik,
    gaya2 tulisan avant garde, suka.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. avant garde itu membuatku merinding dengan hal-hal yang mereka punya. walau ngga terlalu mengenal, tapi liat sekilas aja, berasa bagus.
      alhamdulillah

      Hapus
  6. sumpaaah kreative abiiss,,sempet bingung sama tulisan yg di bold,,ternyata bhsa inggris kebalik :))
    suka ih sama tulisannya pita,,makin semangat belajar nulis :))
    tapi kok bersambung yaah :(( siap-siap nunggu lanjutannya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kak Rizki.. menulis lagi.. tentang lembah kasih mandalawangi :D

      yap. tunggu ya rigel #3

      Hapus
  7. Numpang lewat
    wuahh pita tulisannya kreatif amat deh
    *jiper sama blog sendiri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mapir dulukak Rizka :D
      sini sini...

      Hapus