Banyak Hal Ketika Menunggu

Menunggu. Foto: Johnny Kumala

Seseorang memutuskan untuk menunggu. Walaupun tak selalu menyenangkan, ada banyak alasan juga yang membuat ia melakukannya. –Pita

Banyak orang mengatakan bahwa menunggu adalah aktifitas yang membosankan. Setiap orang mempunyai alasan berbeda untuk membela pernyataan itu. Dan tak jarang, sayapun merasa bosan ketika harus berdiri di pinggir jalan, di koridor, atau ketika duduk sendiri di sebuah kedai. Atau di taman, di rumah, dimanapun.

Kali ini, menunggu menjadi aktifitas menyenangkan. Akhir-akhir ini menunggu adalah hal yang membuat saya menjadi lebih kreatif. Selain membaca-baca buku, saya juga dapat melakukan banyak hal. Memperhatikan orang, misalnya. Juga tentu, menulis. Menulis ditemani susa dan momo. –lain kali akan kuceritakan siapa mereka—

Sekarang, saya juga sedang menunggu. Menunggu kapal berlayar menuju Merak. Apalagi yang membuat saya merasa nyaman selain menulis? Dan tertulislah sebuah postingan ini.

Bicara tentang menunggu. Bukan hanya kapal berlayar yang saya tunggu. Semua hal pernah saya tunggu. Begitu juga dengan kalian. Pembaca yang punya waktu senggang untuk singgah di kotak ceritaku. Terima kasih, ngomong-ngomong.

Tatkala menunggu, jangan menunggu tanpa memegang sesuatu. Peganglah sesuatu. Paling tidak, peganglah keyakinan kita. Keyakinan bahwa yang hal yang kita tunggu, entah itu kapal, seseorang, barang, atau apapun itu, akan menepati janjinya dan mendatangi kita.

Selagi menunggu, merajutlah. Rajutlah harapan. Tapi, bukan pada hal yang kita tunggu. Pada penciptanya tentu. Siapa lagi? Ya Dia.  Berharaplah bahwa Dia takkan membuat penantian kita sia-sia.
Bakauheni, 12:50. Menunggu kapal berlayar.

You Might Also Like

26 comments

  1. Bersabarlah..., ketetapanNya lambat laun akan menyapa kita, tinggal mental kesiapan kita yang harus dipersiapkan saat ketetapanNya itu datang. Menyenangkan atau sebaliknya, selalu begitu. Dan, pasti ada makna.

    *komenku nyambung gak ya. Hahaha. Hati-hati dijalan Pit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. #menunggu #sabar #asahmental

      Sudah selamat sampai tujuan, kang. Ikanku yang tak selamat.

      Hapus
  2. waah.. tentang menunggu, setuju, menunggu membuat kita lebih kreatif.. ^_^

    tapi aku ad quote dr penulis favorit nih... "Ada yang menunggu, menunggu dan terus menunggu, hanya untuk tahu diakhirnya kalau seseorang itu justeru tidak sedang menunggu dirinya." hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tahu darimana quote itu berasal, kak.
      Tere liye oh Tere liye. ^__^

      Hapus
  3. suka gw sama kalimat penutupnya ijin share ahh

    :D

    BalasHapus
  4. waaaah dua paragraf terakhir suka sekali Pit. Kereen pesannya.

    BalasHapus
  5. Terkadang ditunggu lebih tidak nyaman dibanding menunggu :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. Daripada tak nyaman karena merasa ditunggu.. lebih baik datang lebih awal dan menunggu. Jika memang tak bisa tepat waktu.

      Hapus
  6. menunggu memang tak menyenangkan, kalau disuruh ibu menunggu di pasar..(menunggu lama) .. maka aku keluarkan senjata andalanku... buku!

    BalasHapus
  7. Menungu...
    Sesuatu tentang ketidakpastian
    Kadang Membosankan...
    Tapi harus tetap di situ untuk sebuah kepastian

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu kepastian ya, kak..
      tetap semangat dalam menunggu! :D

      Hapus
  8. sama-sama, ngomong-ngomong ;p

    yah, menunggu itu 50%-50%..
    kadang2 akhirnya, bikin kita bahagia.. kadang pun bikin kita luka..
    tapi yang terpenting adalah, kita menjalani waktu menunggu itu dengan sebaik-baiknya..
    hingga pada akhirnya, rasa sesal ketika yang di tunggu tak sesuai harapan. dapat terganti dari hasil yang kita buat saat menunggu..
    kadang-kadang..
    menunggu itu melelahkan
    menunggu itu pun menyenangkan..
    ah, menunggu..
    kau menjadi misteri bagiku..

    BalasHapus
  9. yap. masa depan dari menunggu itu memang tak dapat diestimasi. Masa depan kan milik Dia. Yang kita lakukan adalah berusaha agar penantian kita benar-benar bermanfaat.
    setuju sama komenmu, kak ^__^

    BalasHapus
  10. Yah, pada dasarnya masing-masing dari kita ini sedang menunggu. Menunggu pulsa kehidupan kita usai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap. Kita sedang menunggu kematian :)

      Hapus
  11. Kalau menunggu sambil pegang tangan pacar sih lama pun tak terasa ya mbak hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal pacar yang sudah halal saja, kak. hehe :)

      Hapus
  12. menunggu,,,,banyak hal yg bisa kita lakukan, suka dua pragraf terakhir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap. Menunggu sambil melakukan sesuatu.
      alhamdulillah. terima kasih, kak :)

      Hapus
  13. Menunggu itu katanya tidak menyenangkan, karena penuh ketidakpastian...
    Tapi saat kita mau hanyut dengan ketidakpastian, menunggu adalah bagian paling menyenangkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunggu itu menyenangkan sebenarnya. tergantung respon kita, kak ^_^

      Hapus