Pernah Tidak?

Kamu pernah?
Ilustrasi: Ini

Pernah tidak? Merasa bahwa kamu selama ini sudah berubah. Terlepas ke arah mana perubahan itu terjadi, entah itu menjadi semakin baik atau malah menjadi individu yang kurang baik. Lalu tiba-tiba kamu merasa bahwa ada yang seharusnya tidak berubah dari dalam dirimu. Dan seketika itu, kamu menyesal.

Kehidupan itu seperti roda, mereka mengatakan seperti itu. Jika roda-roda masih terus berputar, pertanda bahwa masih ada hidup. Dan di dalam kehidupan, tentu saja bukan berisi hal-hal yang menyenangkan saja. Walau menurut sang rahasia, bisa saja kita menyebutkan bahwa “Hidup itu Indah”. Ya, bisa sekali! Mengapa bisa? Karena kita mempunyai pikiran, dan pikiran mempunyai kekuasaan atas diri kita dan sebenarnya bisa membuat kita bergerak untuk mengendalikan dunia.

Hanya saja, terkadang pikiran kita tidak sejalan dengan beberapa anggotanya. Tangan misalnya, ketika pikiran ingin kita terus mengerjakan sesuatu dengan tangan kita namun tangan sudah lelah.. maka kalaupun iya tetap diteruskan, hasilnya tidak optimal. Begitulah hidup, kalau kita berharap kita bisa mengendalikan oranglain—misalnya membuat oranglain untuk hadir di dekat kita—tetapi nyatanya tidak bisa, karena orang itu tak pernah melihat kita. Atau punya hal lain yang lebih penting. Maka kalaupun kita memaksa, kita bisa. Hanya saja dia takkan tulus. Tidak akan bahagia.

Lalu tentang perubahan, sekarang kamu menyadari bahwa ada yang berubah dari dirimu dan untuk saat ini membuatmu merasa tidak lebih baik. Wajar sekali, dan tiba-tiba kamu merasa apa yang kamu miliki sekarang tidak berarti apa-apa karena merasa sekelilingmu tidak mendukungmu.. malah seakan tak peduli. Seketika, kamu berharap ingin sekali tidak berubah. Atau setidaknya, kamu memiliki sikap atau perilaku—atau apapun yang telah tiada pada dirimu—sehingga kamu bisa sebahagia dulu. Ya, karena kamu merasa tidak begitu bahagia sekarang.

Pernah tidak?



You Might Also Like

18 comments

  1. perubahan2 yg dialami oleh seseorang baik prilaku yg salah ataupun benar merupakan suatu proses pendewasaan diri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, betul. Manusia setiap detiknya tidak sama dengan detik sebelumnya.

      Hapus
  2. Pernah tidak yaaaa...
    *thinking*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deuh sampai berpikir dalam begitu :D

      Hapus
  3. pastinya pernah...
    bukan cuma sekali,
    tapi aku rasa, itulah jalan hidup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajar ya berarti mas. semua orang pernah begitu

      Hapus
  4. Tentu pernah.
    Tapi... before you give up, think the reason why you held so long

    BalasHapus
  5. Dua paragraf terakhir.... nonjok bangeeeeet....

    BalasHapus
  6. Pernah..
    Suka dg tulisan2 Pita...

    BalasHapus