Gulunganpita di Lampung : Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Lampung. Foto: Dokumen Pribadi


Saya senang membaca dan senang sekali mengunjungi perpustakaan. Saya menyukai aroma buku dan dengan sukarela saya tak keberatan untuk menenggelamkan kepala saya seharian bersama buku-buku. Jika sudah di perpustakaan, saya senang bukan kepalang. Berdiri diantara rak-rak buku itu membuat saya kalap. Dan alhamdulillah, ketika saya berkunjung ke Lampung beberapa bulan lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi perpustakaan di Universitas Lampung.

Gedungnya unik sekali. Melingkar (atau mungkin membentuk semacam segi berapa) dengan taman yang cukup luas di tengah-tengahnya. Di lantai dasar, ada ruang utama sebagai lobby. Di lobby  kita dapat menemukan informasi yang dipampang juga ada denah perpustakaan. Di sebelah kanan pintu masuk, ada tempat penitipan barang dan layanan informasi.

Ketika menaiki tangga, terasa kembali ke masa-masa Jepang. Lemari-lemari kayu berwarna coklat tua dan jendela-jendela panjang hingga langit-langit. Selain itu ada beberapa gambar jaman dulu yang dibingkai dan digantungkan pada dinding. 

Ruang baca dibagi menjadi beberapa ruangan berdasarkan klasifikasi disiplin ilmu. Saya masuk ke ruangan dimana buku-buku ilmu sosial berada. Saya menyentuh beberapa buku lalu membaca reviewnya di sampul belakang. Kemudian duduk di kursi kayu dengan meja besar di hadapan saya. Ketika membuka halaman terakhir, ternyata untuk peminjaman masih menggunakan sistem manual. Yaitu dengan mencatat pada sebuah kertas lalu menyelipkannya di belakang setiap buku.
Sejauh saya mendekam di dalam perpustakaan. Rasanya nyaman sekali untuk membaca. Sepi, lengang dan dingin. Ketika saya tanya apakah buku di ruangan ini boleh dibawa ke ruangan lain, ternyata jawabannya tidak. Jadi, setiap buku harus tetap pada ruangannya. Ada baiknya juga, sehingga memudahkan untuk menyusun dan menata buku-buku agar sesuai dengan katalog.

Semoga suatu hari nanti saya bisa ke Lampung lagi, dan mengunjungi perpustakaan lain di Lampung. :)

You Might Also Like

4 comments

  1. bagian dalamnya gak di foto? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih bund.. ada hanya saja belum di upload :D

      Hapus
  2. kak gimana carnya meninggikan semangat tuk membaca? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tujuan membacanya dulu diluruskan :D

      Hapus