10 hal yang bisa dilakukan agar kita mencapai kebahagiaan

Bismillahirrahmanirrahim

Senangnya dapat kesempatan untuk blogging di perpustakaan yang baru aja selesai di renovasi dengan sinyal wifii : Excellent!
Akhir-akhir ini saya jadi seorang yang selalu tersenyum dan tertawa. Banyak alasan yang membuat saya seperti itu, tapi alasan bahwa saya termasuk ke dalam manusia “tidak normal” adalah tidak benar.
Alasan yang paling benar adalah bahwa saya menikmati kehidupan saya dan bersyukur.

Setelah searching-searching, saya menemukan 10 hal yang bisa dilakukan agar kita mencapai kebahagiaan, dan saya juga sedang melakukannya untuk mencapai kebahagiaan!
Ayo kita mencapai kebahagiaan bersama, sahabat!


1. Senang berbagi pikiran dengan orang lain

Senang bercerita mungkin salah satu awal supaya kita menjadi orang yang lepas, orang yang ekspresif. Dengan berbagi pemikiran kita dengan oranglain, oranglain akan mengetahui apa yang sedang kita rasakan, atau masalah apa yang sedang kita hadapi. Bisa saja mereka memberikan nasehat atau solusi, atau bahkan mengambil tindakan untuk membantu kita.
Jadi, tidak ada salahnya kan kita bercerita mengenai diri kita kepada oranglain yang memang kita percaya?

2. Bercerita tentang kenangan menyenangkan
Hal-hal yang menyenangkan, atau bahkan yang menyakitkan akan disimpan dalam otak kita, karena ada bagian dari otak kita, long therm memory, yang mempunyai fungsi untuk menyimpan data-data yang penting tersebut.

Bercerita mengenai kenangan yang menyenangkan akan membuat kita merasakan bahwa kita sedang mengalaminya kembali sehingga rasa bahagia akan muncul dan membuat diri kita semangat dan termotivasi.

3. Jangan takut memuji diri sendiri

“Saya cantik.” Atau “tampan sekali saya.” Ucapkan hal-hal yang membuat kita termotivasi sejak bangun tidur, sehingga kita dapat melewatkan hari hingga tertidur lagi.

Sedikit bocoran, saya sendiri sering bangun dan langsung bercermin di kostan saya, berkata “Hai, iyank.” Lalu tersenyum semanis-manisnya, hihiii dan yang saya rasakan hal tersebut sangat berpengaruhi dalam menjalani aktifitas saya sepanjang hari. Bawaannya adalah selalu tersenyum.

Jika di tempat kerja, atau saat kuliah kita mendapat nilai bagus, atau menyelesaikan pekerjaan yang belum tentu orang dapat melakukannya. Maka pujilah diri kita, sebutlah diri kita sebagai pahlawan, si hebat dan sebagainya. Berilah label pada diri sendiri dengan label positif.

4. Memfokuskan hati dan pikiran pada sesuatu yang menyenangkan
Luruskan niat. Itulah intinya. Mau apa kita ke tempat ini? Untuk apa? Demi apa? Agar apa?

Jika sebuah niat yang luruh sudah terbentuk, maka pikirkan sesuatu yang menyenangkan, tentang kesuksesan, tentang mendapatkan bonus atau hal lain. Kekuatan pikiran akan membentuk dan mengomandoi setiap langkah dan tindakan yang akan kita ambil. Ya, percaya atau tidak, hal tersebut memang terjadi.

5. Pikirkan segala sesuatu dengan positif

Positive thinking. Atau dalam kepercayaan saya disebut husnuzdan, berbaik sangka terhadap apapun yang tengah terjadi, tengah menimpa kita, seburuk apapun itu.

Namun, memang sangat sulit untuk menumbuhkan pemikiran positif dalam diri kita. Seringkali terlalu terbawa emosi, termasuk saya, ketika suatu masalah, atau hal-hal negatif menimpa diri kita. Tapi Insya Allah jika kita selalu berbaik sangka, selalu berpikir bahwa inilah yang terbaik yang diberikan Rabb kepada kita, maka semuanya akan berjalan lancar, akan baik-baik saja.

6. Lakukan hal-hal bisa mengubah mood negatif menjadi positif, misalnya melakukan hobi atau kumpul bareng teman
Kesepian membuat mengantuk?
Tugas-tugas kuliah membuat kita selalu pusing?
Ah, itu pengalaman saya :p

Memang benar, banyak hal yang membuat mood kita menjadi negatif. Terlambat, belum sarapan, nilai UTS jelek, tidak disapa teman, hak sepatu patah, kehujanan, tidak punya uang,dsb. Tapi banyak hal juga yang dapat mengembalikan mood kita menjadi positif. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan yang kita gemari.

Kalau saya, saya senang membaca dan blogging, juga menulis. Ketika saya sedang mengalami hal buruk di kampus, saya sempatkan membuka laptop, menyalakan musik dan menulis, menuliskan semua yang saya alami lengkap dengan emotes yang lebay.

Atau, saya membuka buku catatan gado-gado saya, menulis besar-besar bahwa sayya sedang ngga mood, menggambar hal-hal aneh hingga saya tersenyum sendiri. Tapi saya sering khawatir ketika pengobatan mood saya diimbaskan pada hal makanan :p, uang saya bisa habis seketika itu juga (dies) http://www.emocutez.com

7. Berani menjadi bahagia, bahkan saat suasana tidak menyenangkan

Ketika semuanya tidak sesuai rencana, maka tersenyumlah.
Jangan biarkan rasa sedih menguasai diri kita. Jangan biarkan kita berada dalam keterpurukan. Karena hal tersebut malah berdampak negatif pada diri kita.

Beranilah untuk selalu tertawa dan merasa menjadi orang yang paling bahagia di dunia ini.




8. Rayakan kemajuan-kemajuan yang Anda capai dalam kehidupan

Jika satu persatu dari mimpi kita mulai tercapai, maka rayakan hal tersebut, misalkan dengan membeli makanan untuk diri anda, membeli pakaian baru dan memanjakan diri di salon.

Kita akan merasa termotivasi untuk melakukan hal lebih jika sebuah penghargaan walaupun kecil kita berikan kepada diri kita sendiri. Kita akan merasa lebih spesial. Jika bukan kita yang memberikan sesuatu yang spesial kepada diri kita, lalu siapa lagi?

9. Jangan murung, jangan takut, dan jangan ragu

Inilah penyakit kita ...

Jangan murung, sebesar apapun masalah yang kita hadapi.

Jangan takut dengan sebesar apapun rintangan yang akan kita hadapi.

Jangan ragu dengan apa yang akan kita lakukan.
Ucapkan, bismillah ..

10. Katakan ‘terima kasih’ sesering mungkin.

Ucapkan terima kasih kepada teman-teman atau orang-orang yang membantu kita walapun hanya bantuan kecil atau hanya sebuah tindakan atau mungkin ucapan yang simpel. Namun hal tersebut sangat berarti apalagi kalau kita sedang dalamkeadaan terpuruk.

Hal yang paling penting adalah berterima kasih kepada Rabb.... agar semua kenikmatana kita bertambah.


Demikian, jadi jangan bersedih.
jadilah orang yang bahagia, mulai saat ini :)


You Might Also Like

3 comments

  1. Aku Nina temen SD kamu Fitri :)
    wah banyak kemajuan kamu teh. good good

    BalasHapus
  2. Fitri blog kamu keren !!

    BalasHapus
  3. "Anonim mengatakan...

    Fitri blog kamu keren !!"

    Makasih ya Pia :p
    aku tau itu kamu

    BalasHapus