Our Breakfast: Gourmet Wrap and Banana Wrap


Gourmet Wrap for our breakfast.
Photo by: Qefy Alghifari

Wrap adalah salah satu menu sarapan di rumah kami selain roti, kue panekuk (pancake), dan penganan manis lain. Namun, kalau masih ada nasi semalam di rice cooker, saya gunakan untuk membuat rice ball, atau nasi goreng. Wrap yang saya buat sederhana saja, diisi dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur entah itu menjadi manis atau asin.

Wrap sering juga disebut tortilla, atau dikenal juga dengan nama tortilla wrap. Merupakan salah satu makanan dengan varian isi yang bermacam-macam. Kalau dilihat dari bentuk dan kegunaannya, wrap atau tortilla bisa juga disebut sebagai kulit lumpia jika di Indonesia. Namun tentu saja, jika dilihat dari bahan untuk membuatnya akan berbeda jauh sekali.

Orang Meksiko menyebut tortilla karena bentuknya bulat pipih, sedangkan orang Amerika menyebutnya wrap karena bentuknya seperti selimut yang menutupi makanan di dalamnya. Bahan untuk membuatnya mudah saja, pembuatannyapun seperti membuat roti tetapi tidak memakai yeast atau ragi.

We need:
200 gram tepung terigu (bisa diganti dengan tepung gandum atau oat); 2 sdm butter/margarin; 1 sdt baking powder; ½ sdt garam; 100 ml air panas.

Steps:
1.  Campur tepung terigu dengan baking powder, dan garam.
2.  Tambahkan butter/margarin lalu campur hingga menjadi buliran-buliran
3.  Tuang air panas sedikit demi sedikit sampai adonan hampir kalis.
4.  Buat bulatan kecil lalu pipihkan, setelah itu taruh di atas wajan dan panggang dengan api kecil hingga agak kering. Biasanya akan terlihat menguning dan ada beberapa bagian yang berwarna coklat.

Gourmet Wrap
Siapkan : Kornet, telur mata sapi, bawang bombay, wortel, tomat, mentimun, Selada, saus sambal, dan mayonaise.

Oles tortilla wrap dengan mayonaise, kemudian tata selada, wortel, tomat, mentimun, dan bawang bombay. Tumpuk dengan telur mata sapi dan kornet. Tambahkan saus sambal dan mayonaise lagi untuk rasa pedas gurih. Lipat tortilla wrap.

Gourmet wrap siap santap. hmmm
photo by Qefy Alghifari

Banana Wrap
Siapkan pisang (saya gunakan pisang ambon) lalu iris tipis memanjang. Setelah itu oleskan margarin di wajan dan panggang pisang sampang matang. Suami saya senang pisang yang luarnya kripsi tetapi dalamnya lembut.

Setelah itu, taruh tortilla wrap dan usapkan margarin di atasnya. Tata pisang yang sudah dipanggang dan tambahkan susu kental manis. Lipat tortilla wrap sesuai selera. Bisa digulung, atau dibiarkan terbuka sedikit.
Banana Wrap dengan segelas teh susu kayu manis. hmm
photo by Qefy Alghifari

Hmm.. yummy :D
Jadi, tadi sarapan apa kalian?

Salam hangat,


Pita

You Might Also Like

22 comments

  1. Sedaapp.. nnti mo nyuruh istri bikin resep olahan kyk gini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. boleh-boleh.. terus posting hasilnya yaa mas

      Hapus
  2. isteri kece nih :D
    karena saya ga terlalu suka dengan sayuran mentah yang dipotong besar2, saya coba buat banana wrapnya aja deh dirumah....
    hihihi, ngiler liatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kece baddai ya Mbak Lulu :D
      yaah,, sayang sekali. Padahal enak loh sebenarnya sayuran mentah itu.. tapi coba saja dulu banana wrapnya..

      Hapus
  3. breakfastnya istimewa banget, bikin sendiri lagi...hmm
    kalo saya paling banter segelas kopi plus gorengan mendoan tempe...hehe
    wrapnya mau dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. saya merasa harus ada variasi mas biar suami ngga bosen makan di rumah. ehehe
      kopi lagi dikurangin nih.. kalau tempe mendoan siapa yang nolak! saya maauuu

      Hapus
  4. widih ngeri sarapannya....
    gw sih biasanya lontong sayur beli di warungnya Mpok Mimin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diih malah ngeri, padahal biasa aja mas.. Bahan-bahannya juga ada di sekitar kita :)

      Hapus
  5. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak...

    Alhamdulillah, senang mendapat menu sarapan baru yang enak seperti di atas. Senang membuat bahannya mbak. Nanti akan dicoba, saya bookmark dulu posting ini mbak. Saya pernah memakan menu ini di KFC dengan isian sayuran segar dan inti ayam. Sangat enak.

    Terima kasih didahulukan mbak. Salam kenal dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam wr wb
      Alhamdulillah..
      terima kasih ya Mbak.
      Salam kenal kembali :)

      Hapus
  6. makanan seperti ini memang enak, apalagi utk sarapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap Mbak Santi. Sudah pernah mencoba kah?

      Hapus
  7. Balasan
    1. iya Mbak. Kalau kreatif bisa dijadikan berbagai varian :)

      Hapus
  8. Yummy! Tapi aku gak makan daging jadi isinya sayuran dan alpukat aja, hihihi :)

    BalasHapus
  9. cobain, ah. Thx, buat resepnya :)

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Hehehe goyang lidah bumi gonjang ganjing dong kang Irfan ^^

      Hapus
  11. wakz,bisa dibuat macam2 ya....bisa2,kapan2 coba ah...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Hann.. bisa diisi apa aja.. sesuai yang ada di dapur ^^

      Hapus