Akai Ito ( Thread Destiny)

Legenda China mencatat bahwa setiap perempuan yang dilahirkan, mempunyai jari kelingking yang terikat oleh benang merah yang tak terlihat. Ikatan itu terhubungan dengan kelingking seorang laki-laki. Inilah destiny. Dimanapun mereka, terpisah berapa jarakpun. Mereka akan bersatu pada akhirnya.

gambar minjem dari sini
Dorama ini adalah dorama kesekian yang membuat saya gemes, menangis, tertawa dan terenyuh. Jepang,Jepang, selalu saja bisa membuat dorama yang tak bisa ditebak akhirnya.

Tokoh utamanya adalah Mei, Mei Takemiya (Nao Minamisawa) dan Atsushi Nishino (Junpei Mizobata) yang lebih sering dipanggil A-kun. Mereka bersahabat dengan enam orang lainnya, yaitu Mia Amagishi (Rei Okamoto), kayima mitsuru (Ryo tajima), Sara nakagawa (Nanami sakuraba), Natsuki Fujiwara (Tomo yanagishita), Yuri nakanishi (Kasumi Suzuki), dan Riku Takahasi (Ryo kimura). Mereka sangat akrab ketika middle school (SMP).


Hingga akhirnya ketika festival sekolah, A-kun terpilih sebagai peramal. Disinilah kisah masa lalu dimulai, A-kun ingin meramal Mei, ia menanyakan tanggal ulang tahun Mei. 29 Februari 2012. Sama persis dengan hari ulang tahunnya, alur berjalan mundur. Berlatar sebuah toko kue, seorang anak perempuan berlari dengan bahagia sambil membawa kue ulang tahun, “brukkk” Dia bertabrakan dengan anak laki-laki yang sedang mengendarai sepeda. Itulah awal pertemuan mereka, Mei sangat senang karena pada hari itu dia tahu ada seseorang yang berulang tahun juga, dia memberikan potongan coklat kuenya sebagai hadiah kepada A-kun. Mei belum mengetahui semuanya.

Sebenarnya, latar setelah toko kue itu adalah sebuah jalan dengan bunga-bunga sakura yang berguguran. Dan terlihatlah Mei yang sudah berusia remaja tengah menangkap jatuhan bunga sakura sambil menunggu Yuya shinozaki (Hiroshi yazaki), seseorang yang sedang disukainya untuk berangkat bersama. Namun, diperlihatkan juga pada awal-awal episode, ternyata Yuya malah menyukai kakak Mei, Haruna Takemiya (Sayuri iwata). Dan setelah itu tokoh Yuya menghilang.

Ketika acara field trip, A-kun mengajak Mei pergi bersama membuat biidoro namun mendadak batal karena ibunya masuk rumah sakit. #cerita ini sangat rumit. Mengambil kesempatan, Taka-chan yang diam-diam menyukai Mei memaksa untuk pergi bersama. Mei tak bisa menolak. Ketika Sara menelpon, Mei berbohong dengan berkata tidak bersama siapapun karena ia tahu Sara akan sangat marah ketika tahu dia bersama Taka-chan—orang yang disukai Sara—namun sayang, Sara menelpon Mei sambil melihat Mei di depan toko. Kecewa terhadap Mei, Sara terjun dari atas gedung hotel. #Betapa nyawa sangat tidak berharga di Jepang.

Dorama 11 episode ini benar-benar menguras perasaan. Saya jengkel ketika A-kun harus berbohong tidak menyukai Mei dan pergi meninggalkannya karena dilarang ibu Mei—yang di episode 8, ternyata ibu mei bukan ibu sebenarnya—Mei merasa kecewa, Taka-chan menemaninya dan akhirnya mereka jadian.

Taka-chan sangat posesif, terlebih lagi setelah lulus middle school mereka berbeda sekolah. Beberapa kali Mei menjadi korban kekerasan Taka-chan. Pada akhirnya, pada sebuah festival, di depan kuil, Taka-chan mengerti bahwa dia tak dapat menggantikan posisi A-kun. Taka-chan mengalami kecelakaan sebelum dia melihat A-kun dan Mei bertemu atas janji pertemuan yang Taka-chan buat.

Mia dan Mitsu yang pada saat upacara perpisahan middle school jadian, akhirnya putus. Yuri dan Natsu tetap berhubungan hingga akhirnya mereka mempunyai seorang anak—tanpa pernikahan ya—persahabatan mereka masih tetap utuh walau terjadi banyak hal yang membuat mereka terpisah, bersatu dan begitulah terus. Sara yang dulu terjun dari gedung hotel ketika field trip ternyata mengalami amnesia temporal sehingga dia tak dapat mengingat beberapa babak dari hidupnya. Di episode 9, Sara muncul lagi dengan ingatan yang sudah pulih.

Film ini membuat saya berfikir mengenai persahabatan yang tumpang tindih dengan cinta dan jalinannya yang juga berhimpitan dengan latar belakang keluarga, pekerjaan dan kepentingan. Rumit. Selalu begitu.

Ada banyak hikmah yang dapat saya jadikan pelajaran, diantaranya:
#1 Jangan meremehkan suatu pertemuan. Kita takkan pernah tahu apa yang akan terjadi setelahnya;
#2 Jangan pernah murka dengan seseorang yang tiba-tiba meninggalkan kita begitu saja. Mereka tahu bahwa kita pandai, hingga suatu hari nanti pasti menemukan alasan itu dengan sendirinya. Hanya menunggu;
#3 Terkadang orang-orang yang pergi bukanlah orang-orang yang membenci kita, tapi orang yang tahu bahwa kita dan mereka belum tepat untuk bersatu;
#4 Berikan kepercayaan kepada orang yang dianggap penting dalam hidup kita. Mereka membutuhkannya;
#5 Menginginkan perubahan dari seseorang bukanlah dengan cara mendiktenya akan tetapi dengan memberikan waktu dan kepercayaan bahwa mereka bisa melakukannya.

Akhir kisah, Mei dan A-kun bersatu. Happy ending moment.

Ada ungkapan unik yang sangat menarik hati saya : ”Pertemuan pertama terjadi karena kesempatan. Pertemuan kedua adalah karena takdir.” #Sugoii

You Might Also Like

14 comments

  1. sepertinya tontonan yang menarik.. :)

    BalasHapus
  2. bagus juga kayaknya jalan ceritanya ya :)

    BalasHapus
  3. Untuk Kang Affanibnu :
    Iya, kalau ada waktu senggang. boleh ditonton (:

    BalasHapus
  4. Untuk Ke2nai :
    Jalan ceritanya benar-benar rumit dan tidak dapat disangka-sangka teh ^__^
    ngga akan nyesel nontonnya juga

    BalasHapus
  5. wah ada link downloadnya ga penasaran nih :D

    BalasHapus
  6. wah... sepertinya saya harus cepat-cepat ambil harddisk dan meng-copi-nya dari fitri :D

    BalasHapus
  7. Walau tak terlihat oleh mata, ada benang yang mengikatku dengan seseorang disana. Mungkin untuk saat ini belum kurasakan, karena kau sedang berada jauh disana atau mungkin sebenarnya kau dekat hanya saja benang itu masih mengendur karena belum terikat dengan kencang, atau mungkin.... yang manapun kuyakin ada saatnya benang itu tertarik dan menarik kita berdua disatu titik dan mempersatukan kita. Benang yang telah Allah ikatkan dan Allah tarik hingga kita bertemu. #ngecek jari kelingking sambil senyum2 ^_^

    BalasHapus
  8. untuk Adi:
    Hm.. sayangnya saya ngga punya nih (:
    tapi kayaknya banyak beredar kok di web web, cuman, harus sabar karena harus download 11 kali, 11 episode kan yaa

    BalasHapus
  9. untuk Pia:
    Sayang sekali, nak. Filmnya sudah di hapus. hardisk laptop sudah penuh, sampai tumpah tumpah filenya (:

    BalasHapus
  10. untuk Erlangga:
    ngikutin liat kelingking. Ada benang merahnya ngga ya? (:

    BalasHapus
  11. yahh penonton kecewa hehe
    ..soalnya aku juga suka dorama, aku ga mau baca semua reviewannya..takut jadi spoiler kalo nonton :D

    tapi sepertinya dari beberapa kalimat diawal sudah bisa tergambar ni fil recommended :D

    BalasHapus
  12. wah suka dorama juga ya?
    saya rekomendasiin JIN season 1 dan 2 juga deh. rame pisan san :D
    ini termasuk film romantis gan. Memang sebaiknya nonton ^_^

    BalasHapus
  13. iya sist, wah" ada link downloadnya ga nih? susah kalo pake DVD..ROMnya aku rusak soale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngga punya mas Adi..
      mungkin bisa dicari di ganool.com

      Hapus