Kisah Hari Rayaku

Bismillah . . .
Rabu, 31 Agustus 2011

dari tumblr
Gema takbir sudah berkumandang sejak bada dhuhur kemarin. Mungkin ini karena anak-anak sudah tak kuat menahan suaranya sejak tempo hari lalu karena hari raya ternyata buka tanggal 30 Agustus. Anak-anak sudah bertakbir dengan gembiranya, tawa mereka terdengar lewat pengeras suara hingga tempatku berbaring. Lemah sebenarnya.

Sejak subuh tadi, adik kecilku sudah bangun. Dan langsung mandi, tanpa ada rengekan dan keluhan. Ini memang selalu terjadi ketika ada hari istimewa. Sebagai anak kecil, dan pernah kualami, tak pernah bisa tidur lebih awal dan selalu bangun lebih awal ketika hari raya tiba, atau akan tamasya dan berulang tahun.

Aku tidak bohong.
Aku kurang merasa senang ketika Hari Raya ini tiba. Bukannya sok alim dan sok suci, tapi aku sama sekali tak melakukan banyak hal di bulan ramadhan. Begitu banyak penyesalan, apalagi aku dzalim terhadap diriku sendiri hingga di penghujung ramadhan aku ambruk. Rasa sakit disekujur tubuh itu sangat terasa hingga sekarang.

Tapi ada secercah kebahagiaan (baca : banyak sekali) ketika aku mendengar sebuah wejangan dari orangtuaku. Wejangan ini masih rahasia hingga tahun depan. Insya Allah akan kuceritakan ketika itu benar-benar terjadi. #janjiku

Seusai sungkeman di keluarga ibu, kami pergi ke makam uyut. Ini kali pertamaku mengunjunginya dalam simbolis pusara yang beku dan diam, semoga dilapangkan alam kuburnya, aamiin.

Sungkeman pada keluarga bapak-pun berlangsung haru, ini kali pertama juga kami berlebaran tanpa nenek. Rasanya baru kemarin aku main lumpur di sawah dan digendong beliau. Sekarang, tak ada yang membuatkanku kue special, rasanya benar-benar berbeda. Aku merindukannya. Sangat merindukannya. 

Berbincang dengan keluarga besar adalah hal yang menghiburku, tapi selalu ada sebuah akhir dan itu terjadi pada saat sore hari ketika keluargaku harus pulang dari rumah almarhum nenek.

Di rumah, aku sakit lagi hingga aku menulis kisah ini. Tapi Alhamdulillah aku bisa berHari Raya bersama keluarga pula. Alhamdulillah, karena aku yakin diluar sana, ada yang kehilangan keluarga, ada yang sudah kehilangan dan ada yang terdiam dalam kesendirian tanpa sebuah perayaan.

Bersyukur adalah salah satu jalan, semoga dimanapun aku berada sekarang, memang disitulah seharusnya. Dan semoga bersama siapapun aku sekarang, memang bersama merekalah seharusnya.

Ini kisahku..

You Might Also Like

8 comments

  1. Alhamdulillah... hari lebaran selalu ada hal yang bisa dikenang... :)

    BalasHapus
  2. nice banget mbak...
    semoga tiap masa yg kita lalui selalu meninggalkan jejak indah dalam catatan kehidupan kita ya...
    aku sedih bgt pisah sama ramadhan taun ini deh mbak..kerasanya cepet bgt...huhuhuu
    oiya..maap lahir batin yah mbak...
    semoga tahun depan Allah masi kasi kita waktu utk memintal benang kebaikan..amin...
    Keep writing mbak...^_=

    BalasHapus
  3. Iy, ya..
    Lebaran tanpa salah satu keluarga kerasa ada yang kurang.. =.=
    Kalo' kmu gag ada nenek, aq gag ada kakek..
    Hukkkss ~.~

    BalasHapus
  4. @ Kang Asop : Alhamdulillah. Memang selalu ada yang bisa dikenang dr sesuatu hal. Menyedihkan atau membahagiakan

    @mbak Nick : Terima kasih.. heheu
    Iya, cepet banget itu betul sekali mbak.. dan benar-benar tidak bisa memanfaatkan waktu yang sebentar itu. Benar2 merasa gagal. Semoga masih ada kesempatan yaa untuk tahun depan.

    BalasHapus
  5. @Teh Happy : Iya teh.. ada yang kurang .. tuh kan benar, diluar sana pasti ada yang nasibnya sama bahkan ada yang lebih buruk daripda kita mbak.. untuk itu kita masih bisa bersyukur.

    @Mbak Accilong : Sip mbak.. itu link udah di pencet ko.. hehe

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    selamat menyambut hari raya Aidil Fitri, minal a'din wal faaizin.

    semoga sekarang sudah membaik ya :)

    BalasHapus
  7. Wa'alaykumussalam..
    iya... maaf lahir bathin yaa..

    terima kasih do'anya.,,

    BalasHapus